LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAANPROGRAM MAGANG DASAR
DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP) NEGERI 1 SUKOHARJO
LAPORAN INDIVIDU
Diajukan untuk Melengkapi Persyaratan
Penyelesaian Program Magang
Oleh
GALIH
KRISNA YOGA
15 030 016
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN
MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
TAHUN 2016
![]() |
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN MAGANG DASAR
DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
(SMP) NEGERI 1 SUKOHARJO
Oleh
GALIH
KRISNA YOGA
15 030 016
Telah diperiksa dan disetujui oleh :
Kepala Sekolah, Dosen Pembimbing Magang,
Yulianto, S.Pd.
Rohmah Tussolekha, M. Pd.
NIP
196907211998021001 NIDN 0229018501
Menyetujui,
Ketua Program StudiMatematika
Drs.
Suminto, M.Pd.
NIDN 0212086301
MOTTO
Ada harapan ketika kita membuka mata, jangan tunggu
termotivasi lalu bergerak tetapi bergeraklah maka kamu akan termotivasi (Galih
Krisna Yoga)
HALAMAN PERSEMBAHAN
Laporan Ini saya persembahkan Kepada
:
1.
Orang tua dan keluarga yang telah mendo’akan, membiayai, mendukung dan memberikan semangat sampai selesainya pelaksanaan
Program
magang
2.
Teman-teman seperjuangan.
KATA PENGANTAR
Puji syukur
penulis haturkan kehadiratAllah SWT yang telah memberikan segala
berkah, hidayah, serta rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan
magang dasar ini dengan tepat waktu. Shalawat dan salam penulis curahkan kepada
junjungan Nabi Muhammad Saw, keluarga dan para sahabat.
Tersusunnya laporan ini berkat usaha
yang maksimal penulis dan bantuan berbagai pihak yang telah membantu baik
berupa dorongan semangat maupun materil. Pada kesempatan kali ini penulis ingin
menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada :
1.
Drs. H.A. Rachman, M.M. M.Pd, selaku Ketua STKIP MPL
2.
Drs.Suminto, M.Pd,
selaku Ketua Program studi Pendidikan Matematika
3.
Rohmah
Tussolekha, M. Pd, selaku dosen Pembimbing
mata kuliah magang dasar yang telah banyak membimbing dan memberikan arahan dalam
melaksanakan kegiatan magang
4.
Yulianto,
S.Pd, selaku Kepala
SMP Negeri 1 Sukoharjo
5.
Sabila Rosyad, S.Pd, selaku Guru
Pembimbing Magang
6.
Bapak dan Ibu Guru SMP Negeri 1 Sukoharjo telah membantu
memberikan informasi kepada Penulis
selama melaksanakan kegiatan magang.
7.
Seluruh pihak yang telah membantu
dalam penyelesaian laporan magang ini.
Penulis
mengharapkan adanya masukan, baik saran maupun kritik yang bersifat membangun
dari semua pihak. Semoga laporan ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis
sendiri dan umumnya bagi pembaca.
Pringsewu, Mei 2016
Penulis,
Galih krisna Yoga
NPM 15030016
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................ ii
MOTTO.................................................................................................................... iii
HALAMAN PERSEMBAHAN............................................................................. iv
KATA PENGANTAR............................................................................................ v
DAFTAR ISI............................................................................................................ vi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Kegiatan Magang
1.
Tujuan
program magang.......................................................................... 1
2.
Manfaat
program magang....................................................................... 2
B.
Profil
SMP N 1 Sukoharjo
1.
Visi
dan Misi Sekolah ............................................................................ 3
2.
Tugas
dan Wewenang Pejabat Struktural Sekolah................................. 6
BAB II PELAKSANAAN PROGRAM
MAGANG
A.
Pengembangan
Kegiatan Akademik di SMP N 1 Sukoharjo
1.
Faktor
Penunjang Proses Pembelajaran.................................................... 12
2.
Faktor
Penghambat Proses Pembelajaran................................................. 18
3.
Pemecahan
Masalah dalam Pembelajaran................................................ 18
B.
Pengembangan
Kegiatan Non-Akademik di SMP N 1 Sukoharjo
1.
Faktor
Penunjang Kegiatan Non-Akademik........................................... 19
2.
Faktor
Penghambat Kegiatan Non-Akademik........................................ 21
3.
Pemecahan
Masalah Kegiatan Non-Akademik....................................... 21
BAB III KESIMPULAN DAN SARAN
A.
Kesimpulan...................................................................................................... 22
B.
Saran.............................................................................................................. 22
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Kegiatan Magang
Magang
merupakan bagian penting dan merupakan prakondisi dari sistem penyiapan guru
professional. Kegiatan magang dilaksanakan secara terstruktur dan merupakan
beban belajar tersendiri, dengan beban belajar tiap semester sekurang-kurangnya
1 SKS.
Dalam
kegiatan Magang ini, peserta magang
hanya melakukan observasi atau hanya pengamatan saja. Peserta magang tidak
melakukan proses belajar mengajar seperti PPL. Kegiatan magang merupakan sarana
latihan kerja bagi mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan keterampilan
di bidang keguruan. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan
mahasiswa, serta upaya untuk membentuk sikap dan keterampilan sebagai calon
guru yang profesional.
1.
Tujuan
Program Magang
Secara
umum, program magang bertujuan untuk membentuk pengetahuan, keterampilan, dan
sikap profesional mahasiswa sebagai calon pendidik. Namun secara khusus Program
Magang adalah mempersiapkan peserta magang sebagai calon guru agar lebih
mengenal lingkungan profesinya, sehingga nanti mampu melakukan praktik
mengajar. Untuk menyiapkan guru professional dalam bidang akademik, salah
satunya dilakukan dengan prakondisi dalam bentuk kegiatan magang. Kegiatan
magang ini bertujuan membangun landasan jati diri peserta magang melalui
kegiatan :
a. Pengamatan
langsung kultur sekolah
b. Pengamatan
untuk membangun Kompetensi Dasar Pedagogik, Kepribadian, dan Sosial.
c. Pengamatan
proses pembelajaran
d. Pengamatan
untuk memperkuat pemahaman peserta didik
2.
Manfaat
Program Magang
Dengan
diadakannya program magang ini peserta magang merasakan hal-hal yang baru
berupa suatu pengalaman, pembelajaran, dan juga gambaran ataupun penalaran
tentang suatu pembelajaran di sekolah, semua itu dijabarkan sebagai berikut :
a.
Memperoleh
pengalaman nyata yang terkait dengan kondisi di sekolah
b.
Dapat menjalin
kerja sama dengan warga sekolah
c.
Mendapat
pengalaman melalui pengamatan terhadap proses membangun kompetensi pedagogik,
kepribadian, dan sosial.
d.
Mendapatkan
pengalaman dan penghayatan melalui pengamatan terhadap proses pembelajaran di
kelas.
e.
Memperoleh
pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran.
f.
Mendapat
pemahaman, penghayatan, dan pengetahuan tentang kultur sekolah.
B. Profil SMPN 1 Sukoharjo
1.
Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 SUKOHARJO
2. No. Statistik
Sekolah / NPSN : 201120607228 / 10804914
3. 
Tipe Sekolah : A/A1/A2/B/B1/B2/C/C1/C2


4. Alamat Sekolah : Jln. Wiyata No. 107 Sukoharjo III
:
(Kecamatan) Sukoharjo
: (Kabupaten/Kota) Pringsewu
: (Propinsi) Lampung
5.
Telepon/HP/Fax : (0729)331008
7.
Status
Sekolah : Negeri/Swasta
(coret yang tidak perlu)

8.
Nilai Akreditasi Sekolah :
B Skor = 80
9.
Luas Lahan, dan jumlah rombel :
Luas
Lahan :
15.455 m2

jumlah
ruang pada lantai 2 : ......................
jumlah
ruang pada lantai 3 : ......................
Jumlah
Rombel :
25 Nilai
Akreditasi Sekolah : B
1.
Visi,
Misi, dan Tujuan SMP Negeri 1 Sukoharjo
a. Visi Sekolah
“MAJU PRESTASI BERDASARKAN
IMAN DAN TAQWA”
b. Misi Sekolah
1) Mewujudkan
prestasi akademik dan non akademik.
2) Melaksanakan
KBM dan bimbingan secara efektif dan efisien.
3) Menciptakan
suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan.
4) Menumbuhkembangkan
budaya tertib dan disiplin.
5) Meningkatkan
profesionalisme dan kompetensi guru/karyawan sekolah.
6) Membekali
keterampilan hidup.
7) Menumbuhkembangkan
sikap mental positif dan kepribadian agamis.
8) Meciptakan
pelayanan prima kepada masyarakat.
c. Tujuan Sekolah
1)
Mengupayakan
terwujudnya lulusan yang menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa
a) Melaksanakan
kegiatan keagamaan di sekolah
b) Membiasakan
5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)
c) Meningkatkan
akhlak mulia di sekolah
2)
Mengupayakan
terwujudnya pengembangan kurikulum SMP Negeri 1 Sukoharjo
a) Memenuhi
kelengapan kurikulum berbasis kompetensi Standar Nasional Pendidikan
b) Menghasilkan
pembelajaran 2 semester setiap tahun
c) Melaksanakan
MGMP sekolah dan Kabupaten
d) Pencapaian
hasil kesesuaian program mulok
3)
Mengupayakan
terwujudnya kedisiplinan warga sekolah
a) Melaksanakan
jabat tangan pagi hari sebelum memasuki halaman sekolah
b) Mematuhi
tata tertib sekolah
4)
Mengupayakan
terwujudnya pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan yang cerdas dan
profesional
a) Memenuhi
tenaga pendidik yang sesuai dengan bidangnya dan professional
b) Menghasilkan
tenaga kependidikan yang ompeten dan professional
c) Pencapaian
tenaga pendidik dan kependidikan yang berkualitas
5)
Mengupayakan
terwujudnya strategi (model) pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan
peserta didik
a) Memenuhi
prinsip (model) pembelajaran terkini dan mutakhir
b) Menghasilkan
implementasi strategi pembelajaran yang menyenangkan dan partisipatif
c) Pencapain
ketersediaan bahan dan sumber belajar yang memadahi
6)
Mengupayakan
terwujudnya pengembangan sarana dan prasarana yang mendukung pengembangan
kurikulum
a) Memenuhi
ketersediaan media pembelajaran
b) Menghasilkan
iklim yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
7)
Mengupayakan
terwujudnya pencapaian standar ketuntasan dan kelulusan pembelajaran
a) Menghasilkan
out put (lulusan) yang cerdas, kompetitih, dan mandiri
b) Pencapaian
juara, baik akademik maupun non-akademik
c) Menghasilkan
insan yang terbiasa hidup sehat, disiplin, berbudi pekerti luhur dan santun
dalam pergaulan
8)
Mengupayakan
terwujudnya penggalangan pembiayaan yang memadahi
a) Menghasilkan
jalinan kerja sama timbal balik dengan stake holder
b) Menghasilkan
penciptaan usaha dengan pendayagunaan potensi yang ada.
c) Pencapaian
subsidi silang yang tepat sasaran.
9)
Mengupayakan
terwujudnya pengembangan sistem penilaian yang valid dan reliable
a) Menghasilkan
perangkat/instrument penilaian pembelajaran.
b) Menghasilkan
implementasi penilaian pembelajaran.
c) Menghasilkan
pedoman penilaian pendidikan.
d) Menghasilkan
implementasi tindak lanjut penilaian pembelajaran.
10) Mengupayakan
terwujudnya kegiatan kesiswaan yang dapat menggali dan meningkatkan prestasi
dan potensi yang dimiliki siswa
a) Menyelenggarakan
program pengembangan diri sesuai dengan bakat dan minat siswa.
b) Mengikutsertakan
siswa dalam kegiatan lomba kegiatan pengembangan diri di tingkat sekolah,
kecamatan. kabupaten, provinsi.
c) Mengikuti
kegiatan pengembangan diri dalam kegiatan perayaan, festifal, dan
kegiatan unjuk prestasi pada tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, propinsi.
2.
Tugas
dan Wewenang Pejabat Struktur SMP N 1 Sukoharjo
a. Kepala
Sekolah
Kepala sekolah berfungsi dan bertugas
sebagai educator, manager, administrator, supervisor, pemimpin
(leader), innovator dan motivator.
1) Kepala
Sekolah Sebagai Educator
Kepala sekolah selaku educator bertugas
melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien.
2) Kepala
Sekolah Selaku Manager
Mempunyai tugas:
a) Menyusun
perencanaan
b) Mengorganisasikan
kegiatan
c) Mengarahkan
kegiatan
d) Mengkoordinasikan
kegiatan
e) Melaksanakan
pengawasan
f) Melakukan
evaluasi terhadap kegiatan
g) Mengadakan
rapat
h) Mengambil
keputusan
i)
Mengatur proses
belajar mengajar
j)
Mengatur
administrasi, ketatausahaan, siswa, ketenagaan, sarana/prasarana, keuangan
(RAPBS)
k) Mengatur
OSIS
l)
Mengatur
hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait.
3) Kepala
sekolah sebagai Pemimpin :
a) Menyusun
perencanaan.
b) Mengorganisasi
menggerakkan dan melaksanakan kegiatan.
c) Melaksanakan
pengawasan.
d) Melakukan
evaluasi terhadap kegiatan.
e) Menentukan
kebijaksanaan.
f) Mengadakan
rapat dan mengambil keputusan.
g) Membuat
PMB.
h) Mengatur
administrasi (7 komponen).
i)
Mengatur
hubungan sekolah dengan masyarakat dan dunia usaha.
4) Kepala
sekolah sebagai administrator :
Selaku administrator kepala sekolah
bertugas menyelengarakan administrasi, dalam hal :
Perncanaan-Pengorganisaisan-Pengarahan-Pengawasan atas :
a) Administrasi
kurikulum.
b) Admnistrasi
kesiswaan.
c) Administrasi
personalia/ kepegawaian.
d) Administrasi
keuangan.
e) Administrasi
sarana dan prasarana/ perlengkapan.
f) Administrasi
hubungan sekolah dengan masyarakat.
g) Administrasi
umum dan lain-lain (perpustakaan dan laboratorium).
5) Kepala
sekolah sebagai supervisor :
Selaku supervisor kepala sekolah
bertugas menyelenggarakan sepervisi mengenai :
a) Kegiatan
belajar mengajar (KBM) dan proses belajar mengajar (PBM).
b) Kegiatan
bimbingan dan konseling.
c) Kegiatan
kurikuler dan ekstrakulikuler.
d) Kegiatan
ketatausahaan.
e) Kegiatan
kerjasama dengan masyarakat dan dunia usaha dalam melaksanakan tugas kepala
sekolah dapat mendelegasikan kepada wakil kepala sekolah.
b. Wakil
Kepala Sekolah
Wakil kepala sekolah membantu kepala
sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
1) Menyusun
perencanaan, membuat program kegiatan dan pelaksanaan program
2) Pengorganisasian
3) Pengarahan
4) Ketenagaan
5) Pengorganisasian
6) Pengawasan
7) Penilaian
8) Identifikasi
dan pengumpulan data
9) Penyusunan
laporan
Wakil
kepala sekolah bertugas membantu kepala sekolah dalam urusan-urusan sebagai
berikut:
1) Kurikulum
a) Menyusun
dan menjabarkan kalender pendidikan
b) Menyusun
pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
c) Mengatur
penyusulan program pengajaran (program semester), program satuan pengajaran,
dan persiapan mengajar, penjabaran dan penyesuaian kurikulum
d) Mengatur
pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakulikuler
e) Mengatur
pelaksanaan penilaian kriteria kenaikan kelss, kriteria kelulusan, dan laporan
kemajuan belajar siswa, serta pembagian rapot dan STTB
f) Mengatur
pelaksanaan program perbaikan dan pengajaran
g) Mengatur
pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
h) Mengatur
pengembangan MGMP dan koordinator mata pelajaran
i)
Mengatur mutasi
siswa
j)
Melakukan
supervise administrasi dan akademis
k) Menyusun
laporan
2) Kesiswaan
a) Mengatur
program dan pelaksanaan bimbingan dan konseling
b) Mengatur
dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban,
keindahan, kekeluargaan, kesehatan, dan kerindangan)
c) Mengatur
dan membina program kegiatan OSIS meliputi kepramukaan, palang merah remaja
(PMR), kelompok ilmiah remaja (KIR), Paskibra.
d) Mengatur
program pesantren kilat
e) Menyusun
dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah
f) Menyelengarakan
cerdas cermat, olahraga prestasi.
g) Menyeleksi
calon untuk diusulkan mendapatkan beasiswa
3) Sarana
dan Prasarana
a) Merencanakan
kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang prose belajar mengajar
b) Merencanakan
program pengadaannya
c) Mengatur
pemanfaatan sarana dan prasarana
d) Mengelola
perawatan, perbaikan, dan pengisian
e) Mengatur
pembakuannya
f) Menyusun
laporan
4) Hubungan
dengan Masyarakat
a) Mengatur
dan mengembangkan hubungan dengan komite sekolah dan peran komite sekolah
b) Menyelenggarakan
bakti sosial, karya wisata
c) Menyelenggarakan
pameran hasil pendidikan di sekolah (gebyar pendidikan)
d) Menyusun
laporan
c. Guru
Guru bertanggung jawab kepada kepala
sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar
secara efektif dan efisien.
Tugas dan tanggung jawab seorang guru
meliputi :
1) Membuat
perangkat program pengajaran
a) AMP
b) Program
tahunan atau semester
c) Program
satuan pelajaran
d) Program
rencana pengajaran
e) Program
mingguan guru
f) Lembar
kerja siswa (LKS)
2) Melaksanakan
kegiatan pembelajaran
3) Melaksanakan
kegiatan penilaian proses belajar, ulangan harian, umum dan akhir
4) Melaksanakan
analisis hasil ulangan harian
5) Menyusun
dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
6) Mengisi
nilai siswa
7) Melaksanakan
kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan) kepada guru lain dalam proses
belajar mengajar
8) Membuat
alat pelajaran atau alat peraga
9) Menumbuh
kembangkan sikap menghargai karya seni
10) Mengikuti
kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
11) Melaksanaan
tugas tertentu di sekolah
12) Mengadakan
pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawab
13) Memuat
catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa
14) Mengisi
dan meniliti daftar hadir siswa sebelum memulai pengajaran
15) Mengatur
keberisikan ruang kelas dan ruang praktikum
16) Mengumpulkan
dan menghitung angka kredituntuk kenaikan peringkatnya
d. Wali
Kelas
Wali kelas membantu kepala sekolah dalam
kegiatan-kegiatan sebgai berikut:
1) Pengelolaan
kelas
2) Penyelengaraan
administrasi kelas meliputi:
a) Denah
tempat duduk
b) Papan
absensi siswa
c) Daftar
pelajaran kelas
d) Daftar
piket kelas
e) Buku
absensi siswa
f) Buku
kegiatan belajar atau buku kelas
g) Tata
tertib siswa
3) Penyusunan
pembuatan statistik bulanan siswa
4) Pengisian
daftar kumpulan daftar siswa (legger)
5) Pembuatan
catatan khusus tentang siswa
6) Mencatat
mutasi siswa
7) Pengisian
buku laporan penilaian hasil belajar, pembagian buku laporan penilaian hasil
belajar.
BAB
II
PELAKSANAAN
PROGRAM MAGANG
A. Pengembangan Kegiatan Akademik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sukoharjo
1. Faktor Penunjang Proses Pembelajarann
a.
Kurikulum yang digunakan
Dilembaga
pendidikan seperti sekolah dalam mencapai tujuan mencapai pembelajaran tentunya
memerlukan beberapa hal yang harus terpenuhi, salah satu yang menunjang
tercapainya tujuan pembelajaran adalah kurikulum. Kurikulum itu sendiri
merupakan pedoman bagi guru untuk proses pembelajaran di kelas. biasanya dalam
sekolah kurikulum itu tergabung dalam satu dokumen diantaranya terdapat program
sekolah, visi misi, silabus, kompetensi inti, kompetensi dasar, dan lain
sebagainya
b. Bahasa yang digunakan di SMP N 1 Sukoharjo
Bahasa
yang digunakan di SMP N 1 Sukoharjo
dalam proses pembelajaran dan komunikasi antara siswa dengan guru menggunakan
bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia, sedangkan untuk komunikasi yang tidak
formal atau diluar pembelajaran komunikasi antara siswa dengan guru, guru
dengan sesama guru, siswa dengan siswa sebagian ada yang menggunakan bahasa
daerah, misalnya bahasa Jawa, bahasa Sunda dan bahasa Lampung. Dengan bahasa
daerah tersebut menurut salah seorang guru hubungan antara guru dan murid
terasa lebih dekat lagi.
c.
Data Ruang Belajar (Kelas)
Kondisi
|
Jumlah dan ukuran
|
Jml. ruang lainnya
yg digunakan untuk r. Kelas
(e)
|
Jumlah ruang yg
digunakan u. R. Kelas
(f)=(d+e)
|
|||
Ukuran
7x9 m2 (a)
|
Ukuran
> 63m2 (b)
|
Ukuran
< 63 m2 (c)
|
Jumlah (d) =(a+b+c)
|
|||
Baik
|
12
|
|
|
12
|
|
25
|
Rsk ringan
|
6
|
|
|
6
|
||
Rsk sedang
|
3
|
|
|
3
|
||
Rsk Berat
|
4
|
|
|
4
|
||
Rsk Total
|
|
|
|
|
Keterangan kondisi:
Baik
|
Kerusakan < 15%
|
Rusak ringan
|
15% - < 30%
|
Rusak
sedang
|
30%
- < 45%
|
Rusak
berat
|
45%
- 65%
|
Rusak
total
|
>65%
|
d. Data
Ruang Belajar Lainnya (di isi dalam angka)
Jenis Ruangan
|
Jumlah
Ruang
|
Ukuran
(pxl)
|
Kondisi
|
Jenis
Ruangan
|
Jumlah Ruang
|
Ukuran
(pxl)
|
Kondisi
|
1.
Perpustakaan
|
1
|
7
x 10
|
Rusak
|
6.Lab.
Bahasa
|
1
|
7
x 10
|
baik
|
2. Lab. IPA
|
1
|
7
x 10
|
Baik
|
7.Lab.
Komputer
|
|
|
|
3.Ketrampilan
|
|
|
|
8.
PTD
|
|
|
|
4. Multimedia
|
|
|
|
9.Serbaguna/aula
|
|
|
|
5. Kesenian
|
|
|
|
10.
……………
|
|
|
|
e. Data
ruang penunjang (di isi dalam angka)
Jenis
Ruangan
|
Jumlah Ruang
|
Ukuran
(pxl)
|
Kondisi
|
Jenis
Ruangan
|
Jumlah Ruang
|
Ukuran (pxl)
|
Kondisi
|
1.
Gudang
|
1
|
2
x 3
|
Rusak
|
10. Ibadah
|
1
|
6
x 8
|
Baik
|
2.
Dapur
|
|
|
|
11. Ganti
|
1
|
3
x 4
|
Baik
|
3.
Reproduksi
|
|
|
|
12.Koperasi
|
1
|
3
x 4
|
Baik
|
4.
KM/WC Guru
|
3
|
1,5
x 2
|
Rusak
|
13.Hall/lobi
|
|
|
|
5.
KM/WC Siswa
|
7
|
1,5
x 2
|
Rusak
|
14. Kantin
|
|
|
|
6.
BK
|
1
|
7
x 9
|
Baik
|
15. Rumah
Pompa/ Menara Air
|
1
|
3
x 3
|
Rusak
|
7.
UKS
|
1
|
3
x 3
|
Baik
|
16.Bangsal
Kendaraan
|
2
|
3
x 12
|
Baik
|
8.
PMR/Pramuka
|
|
|
|
17. Rumah
Penjaga
|
2
|
8
x 10
|
Rusak
|
9.
OSIS
|
1
|
3
x 5
|
Baik
|
18.Pos Jaga
|
|
|
|
f. Lapangan
Olahraga dan Upacara
Lapangan
|
Jumlah Ruang
|
Ukuran
(pxl)
|
Kondisi
|
Keterangan
|
1. Lapangan Olahraga
a. Lapangan
Footsal
b. Lapangan
Basket
c. Lapangan
bola voli
d. Lapangan
Bulu tangkis
e.
........................................
|
1
1
2
2
|
15 x 25
11 x 15
12 x 20
10 x 30
|
Cukup
Cukup
Baik
Baik
|
|
2. Lapangan Upacara
|
1
|
65 x 70
|
Baik
|
|
g.
Koleksi Buku Perpustakaan
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
Kondisi
|
|
Rusak
|
Baik
|
|||
1.
|
Buku siswa/pelajaran (semua mata pelajaran)
|
3.600
|
900
|
2.700
|
2.
|
Buku bacaan (misalnya novel, buku ilmu pengetahuan dan
teknologi, dsb.)
|
216
|
130
|
84
|
3.
|
Buku referensi (misalnya kamus, ensiklopedia, dsb.)
|
45
|
15
|
25
|
5.
|
Jurnal
|
|
|
|
6.
|
Majalah
|
4
|
|
|
7.
|
Surat kabar
|
3 harian
|
|
V
|
8.
|
Lainnya: .....................................
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
2.
Faktor
Penghambat Proses Pembelajaran
a.
Guru
Di dalam proses pembelajaran guru belum begitu
menguasai ICT sehingga dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah.
b.
Siswa
Di
dalam proses kegiatan pembelajaran motivasi serta partisipasi siswa kurang aktif.
Siswa kurang kreatif dan kritis di dalam pembelajaran.
c. Faktor Kedisiplinan
Waktu dan
kedisiplinan menjadi satu hal yang
sangat berpengaruh dalam proses berpendidikan. Namun pada prosesnya baik siswa
maupun tenaga pendidik masih banyak yang tidak mengahargai waktu dan
kedisiplinan.
3. Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran
Didalam
proses belajar mengajar, guru harus memiliki strategi agar siswa dapat belajar
secara efektif dan efisien. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu
ialah harus menguasai teknik-teknik penyajian atau biasa disebut metode pembelajaran.
Pemecahan
masalah dalam pembelajaran dapat juga
dilakukan dengan menjaga hubungan
baik terutama dilingkungan sekolah
a. Guru
Agar proses pembelajaran berlangsung secar optimal
sebaiknya bagi guru dan tenaga kependidikan perlu di adakan atau mengikuti pelatihan
atau workshop agar pengetahuan yang dimilikinya masih tetap berkembang serta
selalau diperbaharui.
b. Siswa
Agar siswa lebih termotivasi dan berpartisipasi dalam
pembelajaran sebaiknya seorang guru juga mampu untuk mengembangkan atau membuat
pembelajaran lebih menarik seperti strategi pembelajaran, metode pembelajaran
serta alat peraga yang dapat meningkatkan motivasi siswa
c.
Hubungan Murid dengan Guru
Saling membutuhkan karena tanpa murid guru tidak bisa mengajar dan
sebaliknya.
d.
Hubungan Guru dengan Guru
` Hubungannya akrab dan kompak, dan saling
bertukar fikiran sesama guru/saling
tolong menolong
e.
Hubungan Murid dengan Murid
Hubungan antara murid dengan harus terjalin dengan baik, baik dalam keadaan
formal ataupun nonformal, sehingga jika terdapat masalah dalam proses belajar
bisa memecahkannya secara bersama sama.
.
B. Pengembangan Kegiatan Non-Akademik
1. Faktor Penunjang Kegiatan Non-Akademik
a.
Jenis Kegiatan Ekstrakurikuler
1) Usaha
kesehatan sekolah (UKS),
2) Pasukan
Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA)
3) Pramuka
4) Palang
merah remaja(PMR)
b.
Bersalaman dengan
Siswa setiap Masuk Jam Pertama.
Dalam
kegiatan pembelajaran yang ada di SMP negeri 1 Sukoharjo terdapat suatu
pembiasaan siswa bersalaman terhadap guru. Setiap bersalaman siswa dengan
guru pelajaran pertama siswa selalu
bersalaman, siswa ke siswa, guru ke guru , serta salam itu kewajiban setiap
islam, disinilah memberikan nilai positif terhadap murid atau guru dan untuk
saling menjaga silaturahmi.
c.
Sholat Berjamaah.
Setiap
kegiatan di SMP negeri 1 Sukoharjo terdapat suatu kegiatan yang dilakukan siswa
atau guru yaitu salat berjamaah dari sholat duha’ sampai salat 5 waktu. Salat
berjamaah ini memberikan nilai yang berpositif terhadap sekolah-sekolah lainnya
tapi yang di utamakan salat 5 waktunya.
d.
Pertemuan Keluarga
Guru secara Rutin.
SMP
negeri 1 Sukoharjo ini terdapat kegiatan antar guru di sekolah yang dilakukan
pertemuan Guru secara rutin yaitu dengan Rapat dinas dalam membahas tentang
siswa yang akan menjalankan UAS ( Ujian Akhir Sekolah ), rapat kepanitian dan
rapat secara tidak formal yaitu pertemuan di ruang guru.
e.
Pengajian secara
Berkala.
Pengajian disini yaitu pengajian yang
dilakukan antar Guru pertemuan dilakukan setiap bulan dan bergantian dari guru
yang satu ke guru yang lain.
f.
Peringatan Hari
Besar
Peringatan hari besar ini seperti hari 17 agustus
yang dilakukan oleh seluruh siswa dan seluruh dewan guru. Selain itu ada
perlombaan yang memeriahkan hari 17 Agustus.
g.
Kegiatan Lomba
Antarsiswa
Kegiatan lomba antar siswa ini seperti
class meatting, es-school, kegiatan tersebut biasanya dilakukan setelah siswa
melaksanakan ulangan dan semesteran
atau setelah peroses pembelajaran selesai.
h.
Kegiatan Lomba
Antartenaga Pendidikan dan Kependidikan
Kegiatan
lomba antar tenaga pendidikan kelas haruslah seperti bermain futsal, dan
lain-lain.
i.
Kegiatan Ramadhan/Buka
Bersama
j.
Kegiatan
ramadhan dilakukan oleh seluruh siswa/guru yaitu dengan berbuka puasa,
pesantren kilat dan lain-lain.
2.
Faktor
Penghambat Kegiatan Non – Akademik
Yang
menjadi penghambat kegiatan non-akademik di sekolah SMP negeri 1 Sukoharjo
adalah Ketidaklengkapan bahan praktek olahraga, Ketidaklengkapan membuat siswa
cenderung malas dalam kegiatan non-akademik dan kepasifan siswa dalam
mengembangkan bakat dalam bidang non-akademik.
3. Pemecahan Masalah Kegiatan Non - Akademik
a. Guru
memberikan pengarahan terhadap siswa-siswanya mengenai kegiatan non-akademik
b. Guru
mendukung kegiatan non-akademik untuk mengembangkan potensi siswa-siswinya.
c.
Bimbingan Konseling dan Penasihat Akademik
d.
Beasiswa
e.
kesehatan
BAB
III
PENUTUP
A.
Simpulan
Setelah saya
melaksanakan kegiatan Magang di SMP Negeri Sukoharjo dapat menarik kesimpulan
bahwa bertatap muka langsung pada objek yang dituju akan lebih baik dan dapat
pengetahuan yang lebih dan memberikan saya pengetahuan yang cukup untuk
kedepannya. Saya juga bisa mengetahui situasi dan kondisi yang berkaitan dengan
sekolah bersangkutan.
B. Saran
Adapun beberapa
saran yang kami berikan antara lain:
1.
Sebagai calon guru yang profesional
mahasiswa magang harus melakukan
observasi dengan serius dan bertanggungjawab agar memperoleh data atau
informasi sesuai dengan kenyataan di Sekolah yang dituju.
2.
Mahasiswa Magang sebaiknya ikut
terlibat dalam membangun sekolah, misalnya: ikut berpartisipasi membantu guru
atau karyawan dalam melakukan sebuah tugas atau pekerjaan.
LAMPIRAN
![]() |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar