Sabtu, 25 Juni 2016

LAPORAN KEGIATAN PELAKSANAANPROGRAM MAGANG DASAR



LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAANPROGRAM MAGANG DASAR
DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 SUKOHARJO






LAPORAN INDIVIDU

Diajukan untuk Melengkapi Persyaratan
Penyelesaian Program Magang







Oleh
GALIH KRISNA YOGA
15 030 016






PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG
TAHUN 2016
                                                        


 


HALAMAN PENGESAHAN


LAPORAN KEGIATAN
PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN MAGANG DASAR
DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 SUKOHARJO





Oleh
GALIH KRISNA YOGA
15 030 016


Telah diperiksa dan disetujui oleh :


Kepala Sekolah,                                                                   Dosen Pembimbing Magang,




Yulianto, S.Pd.                                                                    Rohmah Tussolekha, M. Pd.
NIP 196907211998021001                                                 NIDN 0229018501


   

Menyetujui,
Ketua Program StudiMatematika




Drs. Suminto, M.Pd.
NIDN 0212086301









MOTTO

Ada harapan ketika kita membuka mata, jangan tunggu termotivasi lalu bergerak tetapi bergeraklah maka kamu akan termotivasi (Galih Krisna Yoga)



























HALAMAN PERSEMBAHAN







Laporan Ini saya persembahkan Kepada :
1.      Orang tua dan keluarga yang telah mendo’akan, membiayai, mendukung dan memberikan semangat sampai selesainya pelaksanaan Program magang
2.      Teman-teman seperjuangan.


















KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis haturkan kehadiratAllah SWT yang telah  memberikan segala berkah, hidayah, serta rahmat-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan magang dasar ini dengan tepat waktu. Shalawat dan salam penulis curahkan kepada junjungan Nabi Muhammad Saw, keluarga dan para sahabat.
Tersusunnya laporan ini berkat usaha yang maksimal penulis dan bantuan berbagai pihak yang telah membantu baik berupa dorongan semangat maupun materil. Pada kesempatan kali ini penulis ingin menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada :
1.      Drs. H.A. Rachman, M.M. M.Pd, selaku Ketua STKIP MPL
2.      Drs.Suminto, M.Pd,  selaku Ketua Program studi Pendidikan Matematika
3.      Rohmah Tussolekha, M. Pd, selaku dosen Pembimbing mata kuliah magang dasar yang telah banyak membimbing dan memberikan arahan dalam melaksanakan kegiatan magang
4.      Yulianto, S.Pd, selaku Kepala SMP Negeri 1 Sukoharjo
5.      Sabila Rosyad, S.Pd, selaku Guru Pembimbing Magang
6.      Bapak dan Ibu Guru SMP Negeri 1 Sukoharjo telah membantu memberikan  informasi kepada Penulis selama  melaksanakan kegiatan magang.
7.      Seluruh pihak yang telah membantu dalam penyelesaian laporan magang ini.

Penulis mengharapkan adanya masukan, baik saran maupun kritik yang bersifat membangun dari semua pihak. Semoga laporan ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri dan umumnya bagi pembaca.

Pringsewu,  Mei 2016
Penulis,

Galih krisna Yoga
NPM 15030016

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN................................................................................ ii
MOTTO.................................................................................................................... iii
HALAMAN PERSEMBAHAN............................................................................. iv
KATA PENGANTAR............................................................................................ v
DAFTAR ISI............................................................................................................ vi
BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Kegiatan Magang
1.    Tujuan program magang.......................................................................... 1
2.    Manfaat program magang....................................................................... 2
B.       Profil SMP N 1 Sukoharjo
1.    Visi dan Misi Sekolah ............................................................................ 3
2.    Tugas dan Wewenang Pejabat Struktural Sekolah................................. 6
BAB II  PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG                                  
A.    Pengembangan Kegiatan Akademik di SMP N 1 Sukoharjo
1.      Faktor Penunjang Proses Pembelajaran.................................................... 12
2.      Faktor Penghambat Proses Pembelajaran................................................. 18
3.      Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran................................................ 18
B.     Pengembangan Kegiatan Non-Akademik di SMP N 1 Sukoharjo
1.      Faktor Penunjang Kegiatan Non-Akademik........................................... 19
2.      Faktor Penghambat Kegiatan Non-Akademik........................................ 21
3.      Pemecahan Masalah Kegiatan Non-Akademik....................................... 21

BAB III  KESIMPULAN DAN SARAN
A.  Kesimpulan...................................................................................................... 22
B.     Saran.............................................................................................................. 22
LAMPIRAN


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Kegiatan Magang
Magang merupakan bagian penting dan merupakan prakondisi dari sistem penyiapan guru professional. Kegiatan magang dilaksanakan secara terstruktur dan merupakan beban belajar tersendiri, dengan beban belajar tiap semester sekurang-kurangnya 1 SKS.
Dalam kegiatan Magang  ini, peserta magang hanya melakukan observasi atau hanya pengamatan saja. Peserta magang tidak melakukan proses belajar mengajar seperti PPL. Kegiatan magang merupakan sarana latihan kerja bagi mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan keterampilan di bidang keguruan. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa, serta upaya untuk membentuk sikap dan keterampilan sebagai calon guru yang profesional.

1.         Tujuan Program Magang
Secara umum, program magang bertujuan untuk membentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional mahasiswa sebagai calon pendidik. Namun secara khusus Program Magang  adalah mempersiapkan peserta magang sebagai calon guru agar lebih mengenal lingkungan profesinya, sehingga nanti mampu melakukan praktik mengajar. Untuk menyiapkan guru professional dalam bidang akademik, salah satunya dilakukan dengan prakondisi dalam bentuk kegiatan magang. Kegiatan magang ini bertujuan membangun landasan jati diri peserta magang melalui kegiatan :
a.       Pengamatan langsung kultur sekolah
b.      Pengamatan untuk membangun Kompetensi Dasar Pedagogik, Kepribadian, dan Sosial.
c.       Pengamatan proses pembelajaran
d.      Pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik

2.         Manfaat Program Magang
Dengan diadakannya program magang ini peserta magang merasakan hal-hal yang baru berupa suatu pengalaman, pembelajaran, dan juga gambaran ataupun penalaran tentang suatu pembelajaran di sekolah, semua itu dijabarkan sebagai berikut :
a.         Memperoleh pengalaman nyata yang terkait dengan kondisi di sekolah
b.        Dapat menjalin kerja sama dengan warga sekolah
c.         Mendapat pengalaman melalui pengamatan terhadap proses membangun kompetensi pedagogik, kepribadian, dan sosial.
d.        Mendapatkan pengalaman dan penghayatan melalui pengamatan terhadap proses pembelajaran di kelas.
e.         Memperoleh pengalaman dan ketrampilan untuk melaksanakan pembelajaran.
f.         Mendapat pemahaman, penghayatan, dan pengetahuan tentang kultur sekolah.

B.       Profil SMPN 1 Sukoharjo
1.      Nama Sekolah :           SMP NEGERI 1 SUKOHARJO
2.      No. Statistik Sekolah / NPSN :           201120607228 / 10804914
3.      Tipe Sekolah                     :  A/A1/A2/B/B1/B2/C/C1/C2
4.      Alamat Sekolah                 : Jln. Wiyata No. 107 Sukoharjo III
                                                      : (Kecamatan) Sukoharjo
                                                      :  (Kabupaten/Kota) Pringsewu
                                                      :  (Propinsi) Lampung
5.      Telepon/HP/Fax                :  (0729)331008
6.      Email                                 :  smpnsukoharjo@yahoo.co.id
7.      Status Sekolah                  :  Negeri/Swasta  (coret yang tidak perlu)
8.      Nilai Akreditasi Sekolah         :           B                  Skor      = 80
9.      Luas Lahan, dan jumlah rombel :
 Luas Lahan                      : 15.455  m2
Text Box: Lantai  =   1  jumlah ruang pada lantai 1     : 25
 jumlah ruang pada lantai 2     : ......................
 jumlah ruang pada lantai 3     : ......................
 Jumlah Rombel                : 25   Nilai Akreditasi Sekolah      :   B

1.      Visi, Misi, dan Tujuan SMP Negeri 1 Sukoharjo

a.    Visi Sekolah

MAJU PRESTASI BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA”

b.    Misi Sekolah

1)      Mewujudkan prestasi akademik dan non akademik.
2)      Melaksanakan KBM dan bimbingan secara efektif dan efisien.
3)      Menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan.
4)      Menumbuhkembangkan budaya tertib dan disiplin.
5)      Meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru/karyawan sekolah.
6)      Membekali keterampilan hidup.
7)      Menumbuhkembangkan sikap mental positif dan kepribadian agamis.
8)      Meciptakan pelayanan prima kepada masyarakat.

c.    Tujuan Sekolah

1)        Mengupayakan terwujudnya lulusan yang menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
a)      Melaksanakan kegiatan keagamaan di sekolah
b)      Membiasakan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun)
c)      Meningkatkan akhlak mulia di sekolah
2)        Mengupayakan terwujudnya pengembangan kurikulum SMP Negeri 1 Sukoharjo
a)      Memenuhi kelengapan kurikulum berbasis kompetensi Standar Nasional Pendidikan
b)      Menghasilkan pembelajaran 2 semester setiap tahun
c)      Melaksanakan MGMP sekolah dan Kabupaten
d)     Pencapaian hasil kesesuaian program mulok
3)        Mengupayakan terwujudnya kedisiplinan warga sekolah
a)      Melaksanakan jabat tangan pagi hari sebelum memasuki halaman sekolah
b)      Mematuhi tata tertib sekolah
4)        Mengupayakan terwujudnya pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan yang cerdas dan profesional
a)      Memenuhi tenaga pendidik yang sesuai dengan bidangnya dan professional
b)      Menghasilkan tenaga kependidikan yang ompeten dan professional
c)      Pencapaian tenaga pendidik dan kependidikan yang berkualitas
5)        Mengupayakan terwujudnya strategi (model) pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan peserta didik
a)      Memenuhi prinsip (model) pembelajaran terkini dan mutakhir
b)      Menghasilkan implementasi strategi pembelajaran yang menyenangkan dan partisipatif
c)      Pencapain ketersediaan bahan dan sumber belajar yang memadahi
6)        Mengupayakan terwujudnya pengembangan sarana dan prasarana yang mendukung pengembangan kurikulum
a)      Memenuhi ketersediaan media pembelajaran
b)      Menghasilkan iklim yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan
7)        Mengupayakan terwujudnya pencapaian standar ketuntasan dan kelulusan pembelajaran
a)      Menghasilkan out put (lulusan) yang cerdas, kompetitih, dan mandiri
b)      Pencapaian juara, baik akademik maupun non-akademik
c)      Menghasilkan insan yang terbiasa hidup sehat, disiplin, berbudi pekerti luhur dan santun dalam pergaulan
8)        Mengupayakan terwujudnya penggalangan pembiayaan yang memadahi
a)      Menghasilkan jalinan kerja sama timbal balik dengan stake holder
b)      Menghasilkan penciptaan usaha dengan pendayagunaan potensi yang ada.
c)      Pencapaian subsidi silang yang tepat sasaran.
9)        Mengupayakan terwujudnya pengembangan sistem penilaian yang valid dan reliable
a)      Menghasilkan perangkat/instrument penilaian pembelajaran.
b)      Menghasilkan implementasi penilaian pembelajaran.
c)      Menghasilkan pedoman penilaian pendidikan.
d)     Menghasilkan implementasi tindak lanjut penilaian pembelajaran.
10)    Mengupayakan terwujudnya kegiatan kesiswaan yang dapat menggali dan meningkatkan prestasi dan potensi yang dimiliki siswa
a)      Menyelenggarakan program pengembangan diri sesuai dengan bakat dan minat siswa.
b)      Mengikutsertakan siswa dalam kegiatan lomba kegiatan pengembangan diri di tingkat sekolah, kecamatan. kabupaten, provinsi.
c)      Mengikuti kegiatan pengembangan diri dalam kegiatan perayaan, festifal, dan kegiatan unjuk prestasi pada tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, propinsi.

2.      Tugas dan Wewenang Pejabat Struktur SMP N 1 Sukoharjo
a.       Kepala Sekolah
Kepala sekolah berfungsi dan bertugas sebagai educator, manager, administrator, supervisor, pemimpin (leader), innovator dan motivator.
1)      Kepala Sekolah Sebagai Educator
Kepala sekolah selaku educator bertugas melaksanakan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien.
2)      Kepala Sekolah Selaku Manager
Mempunyai tugas:
a)      Menyusun perencanaan
b)      Mengorganisasikan kegiatan
c)      Mengarahkan kegiatan
d)     Mengkoordinasikan kegiatan
e)      Melaksanakan pengawasan
f)       Melakukan evaluasi terhadap kegiatan
g)      Mengadakan rapat
h)      Mengambil keputusan
i)        Mengatur proses belajar mengajar
j)        Mengatur administrasi, ketatausahaan, siswa, ketenagaan, sarana/prasarana, keuangan (RAPBS)
k)      Mengatur OSIS
l)        Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait.
3)      Kepala sekolah sebagai Pemimpin :
a)      Menyusun perencanaan.
b)      Mengorganisasi menggerakkan dan melaksanakan kegiatan.
c)      Melaksanakan pengawasan.
d)     Melakukan evaluasi terhadap kegiatan.
e)      Menentukan kebijaksanaan.
f)       Mengadakan rapat dan mengambil keputusan.
g)      Membuat PMB.
h)      Mengatur administrasi (7 komponen).
i)        Mengatur hubungan sekolah dengan masyarakat dan dunia usaha.

4)      Kepala sekolah sebagai administrator :
Selaku administrator kepala sekolah bertugas menyelengarakan administrasi, dalam hal : Perncanaan-Pengorganisaisan-Pengarahan-Pengawasan atas :
a)      Administrasi kurikulum.
b)      Admnistrasi kesiswaan.
c)      Administrasi personalia/ kepegawaian.
d)     Administrasi keuangan.
e)      Administrasi sarana dan prasarana/ perlengkapan.
f)       Administrasi hubungan sekolah dengan masyarakat.
g)      Administrasi umum dan lain-lain (perpustakaan dan laboratorium).

5)      Kepala sekolah sebagai supervisor :
Selaku supervisor kepala sekolah bertugas menyelenggarakan sepervisi mengenai :
a)      Kegiatan belajar mengajar (KBM) dan proses belajar mengajar (PBM).
b)      Kegiatan bimbingan dan konseling.
c)      Kegiatan kurikuler dan ekstrakulikuler.
d)     Kegiatan ketatausahaan.
e)      Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan dunia usaha dalam melaksanakan tugas kepala sekolah dapat mendelegasikan kepada wakil kepala sekolah.
b.      Wakil Kepala Sekolah
Wakil kepala sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
1)      Menyusun perencanaan, membuat program kegiatan dan pelaksanaan program
2)      Pengorganisasian
3)      Pengarahan
4)      Ketenagaan
5)      Pengorganisasian
6)      Pengawasan
7)      Penilaian
8)      Identifikasi dan pengumpulan data
9)      Penyusunan laporan
Wakil kepala sekolah bertugas membantu kepala sekolah dalam urusan-urusan sebagai berikut:
1)      Kurikulum
a)      Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
b)      Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
c)      Mengatur penyusulan program pengajaran (program semester), program satuan pengajaran, dan persiapan mengajar, penjabaran dan penyesuaian kurikulum
d)     Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakulikuler
e)      Mengatur pelaksanaan penilaian kriteria kenaikan kelss, kriteria kelulusan, dan laporan kemajuan belajar siswa, serta pembagian rapot dan STTB
f)       Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengajaran
g)      Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
h)      Mengatur pengembangan MGMP dan koordinator mata pelajaran
i)        Mengatur mutasi siswa
j)        Melakukan supervise administrasi dan akademis
k)      Menyusun laporan


2)      Kesiswaan
a)      Mengatur program dan pelaksanaan bimbingan dan konseling
b)      Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kesehatan, dan kerindangan)
c)      Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi kepramukaan, palang merah remaja (PMR), kelompok ilmiah remaja (KIR), Paskibra.
d)     Mengatur program pesantren kilat
e)      Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah
f)       Menyelengarakan cerdas cermat, olahraga prestasi.
g)      Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapatkan beasiswa

3)      Sarana dan Prasarana
a)      Merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang prose belajar mengajar
b)      Merencanakan program pengadaannya
c)      Mengatur pemanfaatan sarana dan prasarana
d)     Mengelola perawatan, perbaikan, dan pengisian
e)      Mengatur pembakuannya
f)       Menyusun laporan

4)      Hubungan dengan Masyarakat
a)      Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan komite sekolah dan peran komite sekolah
b)      Menyelenggarakan bakti sosial, karya wisata
c)      Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di sekolah (gebyar pendidikan)
d)     Menyusun laporan


c.       Guru
Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien.
Tugas dan tanggung jawab seorang guru meliputi :
1)      Membuat perangkat program pengajaran
a)      AMP
b)      Program tahunan atau semester
c)      Program satuan pelajaran
d)     Program rencana pengajaran
e)      Program mingguan guru
f)       Lembar kerja siswa (LKS)
2)      Melaksanakan kegiatan pembelajaran
3)      Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan harian, umum dan akhir
4)      Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
5)      Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
6)      Mengisi nilai siswa
7)      Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan) kepada guru lain dalam proses belajar mengajar
8)      Membuat alat pelajaran atau alat peraga
9)      Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni
10)  Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
11)  Melaksanaan tugas tertentu di sekolah
12)  Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawab
13)  Memuat catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa
14)  Mengisi dan meniliti daftar hadir siswa sebelum memulai pengajaran
15)  Mengatur keberisikan ruang kelas dan ruang praktikum
16)  Mengumpulkan dan menghitung angka kredituntuk kenaikan peringkatnya
d.      Wali Kelas
Wali kelas membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebgai berikut:
1)      Pengelolaan kelas
2)      Penyelengaraan administrasi kelas meliputi:
a)      Denah tempat duduk
b)      Papan absensi siswa
c)      Daftar pelajaran kelas
d)     Daftar piket kelas
e)      Buku absensi siswa
f)       Buku kegiatan belajar atau buku kelas
g)      Tata tertib siswa
3)      Penyusunan pembuatan statistik bulanan siswa
4)      Pengisian daftar kumpulan daftar siswa (legger)
5)      Pembuatan catatan khusus tentang siswa
6)      Mencatat mutasi siswa
7)      Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar, pembagian buku laporan penilaian hasil belajar.













BAB II
PELAKSANAAN PROGRAM MAGANG

A.    Pengembangan Kegiatan Akademik di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sukoharjo

1.      Faktor  Penunjang Proses Pembelajarann

a.       Kurikulum yang digunakan
Dilembaga pendidikan seperti sekolah dalam mencapai tujuan mencapai pembelajaran tentunya memerlukan beberapa hal yang harus terpenuhi, salah satu yang menunjang tercapainya tujuan pembelajaran adalah kurikulum. Kurikulum itu sendiri merupakan pedoman bagi guru untuk proses pembelajaran di kelas. biasanya dalam sekolah kurikulum itu tergabung dalam satu dokumen diantaranya terdapat program sekolah, visi misi, silabus, kompetensi inti, kompetensi dasar, dan lain sebagainya
b.      Bahasa yang digunakan di SMP N 1 Sukoharjo
Bahasa yang digunakan di SMP N 1 Sukoharjo dalam proses pembelajaran dan komunikasi antara siswa dengan guru menggunakan bahasa nasional yaitu bahasa Indonesia, sedangkan untuk komunikasi yang tidak formal atau diluar pembelajaran komunikasi antara siswa dengan guru, guru dengan sesama guru, siswa dengan siswa sebagian ada yang menggunakan bahasa daerah, misalnya bahasa Jawa, bahasa Sunda dan bahasa Lampung. Dengan bahasa daerah tersebut menurut salah seorang guru hubungan antara guru dan murid terasa lebih dekat lagi.



c.       Data Ruang Belajar (Kelas)
Kondisi
Jumlah dan ukuran
Jml. ruang lainnya
yg digunakan untuk r. Kelas
(e)
Jumlah ruang yg digunakan u. R. Kelas
(f)=(d+e)
Ukuran
7x9 m2  (a)
Ukuran
> 63m2 (b)
Ukuran
< 63 m2 (c)
Jumlah (d) =(a+b+c)
Baik
12


12
   
25
Rsk ringan
6


6
Rsk sedang
3


3
Rsk Berat
4


4
Rsk Total





             Keterangan kondisi:
Baik
Kerusakan < 15%
Rusak ringan
15% - < 30%
Rusak sedang
30% - < 45%
Rusak berat
45% - 65%
Rusak total
>65%




d.      Data Ruang Belajar Lainnya (di isi dalam angka)
Jenis Ruangan
Jumlah
Ruang
Ukuran (pxl)
Kondisi
Jenis Ruangan
Jumlah Ruang
Ukuran (pxl)
Kondisi
1. Perpustakaan
1
7 x 10
Rusak
6.Lab. Bahasa
1
7 x 10
baik
2. Lab. IPA
1
7 x 10
Baik
7.Lab. Komputer



3.Ketrampilan



8. PTD



4. Multimedia



9.Serbaguna/aula



5. Kesenian



10. ……………













e.       Data ruang penunjang (di isi dalam angka)
Jenis Ruangan
Jumlah Ruang
Ukuran (pxl)
Kondisi
Jenis Ruangan
Jumlah Ruang
Ukuran (pxl)
Kondisi
1. Gudang
1
2 x 3
Rusak
10. Ibadah
1
6 x 8
Baik
2. Dapur



11. Ganti
1
3 x 4
Baik
3. Reproduksi



12.Koperasi
1
3 x 4
Baik
4. KM/WC Guru
3
1,5 x 2
Rusak
13.Hall/lobi



5. KM/WC Siswa
7
1,5 x 2
Rusak
14. Kantin



6. BK
1
7 x 9
Baik
15. Rumah Pompa/ Menara  Air
1
3 x 3
Rusak
7. UKS
1
3 x 3
Baik
16.Bangsal Kendaraan
2
3 x 12
Baik
8. PMR/Pramuka



17. Rumah Penjaga
2
8 x 10
Rusak
9. OSIS
1
3 x 5
Baik
18.Pos Jaga




f.       Lapangan Olahraga dan Upacara
      Lapangan
Jumlah Ruang
Ukuran (pxl)
Kondisi
Keterangan
1. Lapangan Olahraga
    a. Lapangan Footsal
    b. Lapangan Basket
    c. Lapangan bola voli
    d. Lapangan Bulu tangkis
    e. ........................................

1
1
2
2

15 x 25
11 x 15
12 x 20
10 x 30

Cukup
Cukup
Baik
Baik


2. Lapangan Upacara
1
65 x 70
Baik












g.      Koleksi Buku Perpustakaan
No.
Jenis
Jumlah
Kondisi
Rusak
Baik
1.
Buku siswa/pelajaran (semua mata pelajaran)
3.600
900
2.700
2.
Buku bacaan (misalnya novel, buku ilmu pengetahuan dan teknologi, dsb.)
216
130
84
3.
Buku referensi (misalnya kamus, ensiklopedia, dsb.)
45
15
25
5.
Jurnal



6.
Majalah
4


7.
Surat kabar
3 harian

V
8.
Lainnya: .....................................





Total








2.      Faktor Penghambat Proses Pembelajaran
a.       Guru
Di dalam proses pembelajaran guru belum begitu menguasai ICT sehingga dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah.

b.      Siswa
Di dalam proses kegiatan pembelajaran motivasi serta partisipasi siswa kurang aktif. Siswa kurang kreatif dan kritis di dalam pembelajaran.

c.       Faktor Kedisiplinan
Waktu dan kedisiplinan  menjadi satu hal yang sangat berpengaruh dalam proses berpendidikan. Namun pada prosesnya baik siswa maupun tenaga pendidik masih banyak yang tidak mengahargai waktu dan kedisiplinan.

3.      Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran
Didalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki strategi agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu ialah harus menguasai teknik-teknik penyajian atau biasa disebut  metode pembelajaran.
Pemecahan masalah dalam pembelajaran dapat  juga dilakukan dengan menjaga  hubungan baik  terutama dilingkungan sekolah

a.       Guru
Agar proses pembelajaran berlangsung secar optimal sebaiknya bagi guru dan tenaga kependidikan perlu di adakan atau mengikuti pelatihan atau workshop agar pengetahuan yang dimilikinya masih tetap berkembang serta selalau diperbaharui.

b.      Siswa
Agar siswa lebih termotivasi dan berpartisipasi dalam pembelajaran sebaiknya seorang guru juga mampu untuk mengembangkan atau membuat pembelajaran lebih menarik seperti strategi pembelajaran, metode pembelajaran serta alat peraga yang dapat meningkatkan motivasi siswa

c.       Hubungan Murid dengan Guru
Saling membutuhkan karena tanpa murid guru tidak bisa mengajar dan sebaliknya.

d.      Hubungan Guru dengan Guru
`     Hubungannya akrab dan kompak, dan saling bertukar fikiran  sesama guru/saling tolong   menolong

e.       Hubungan  Murid dengan Murid
Hubungan antara murid dengan harus terjalin dengan baik, baik dalam keadaan formal ataupun nonformal, sehingga jika terdapat masalah dalam proses belajar bisa memecahkannya secara bersama sama.
.
B.       Pengembangan Kegiatan Non-Akademik
1.      Faktor Penunjang Kegiatan Non-Akademik
a.         Jenis Kegiatan Ekstrakurikuler
1)      Usaha kesehatan sekolah (UKS),
2)      Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA)
3)      Pramuka
4)      Palang merah remaja(PMR)

b.         Bersalaman dengan Siswa setiap Masuk Jam Pertama.
Dalam kegiatan pembelajaran yang ada di SMP negeri 1 Sukoharjo terdapat suatu pembiasaan siswa bersalaman terhadap guru. Setiap bersalaman siswa dengan guru  pelajaran pertama siswa selalu bersalaman, siswa ke siswa, guru ke guru , serta salam itu kewajiban setiap islam, disinilah memberikan nilai positif terhadap murid atau guru dan untuk saling menjaga silaturahmi.

c.         Sholat Berjamaah.
Setiap kegiatan di SMP negeri 1 Sukoharjo terdapat suatu kegiatan yang dilakukan siswa atau guru yaitu salat berjamaah dari sholat duha’ sampai salat 5 waktu. Salat berjamaah ini memberikan nilai yang berpositif terhadap sekolah-sekolah lainnya tapi yang di utamakan salat 5 waktunya.

d.        Pertemuan Keluarga Guru secara Rutin.
SMP negeri 1 Sukoharjo ini terdapat kegiatan antar guru di sekolah yang dilakukan pertemuan Guru secara rutin yaitu dengan Rapat dinas dalam membahas tentang siswa yang akan menjalankan UAS ( Ujian Akhir Sekolah ), rapat kepanitian dan rapat secara tidak formal yaitu pertemuan di ruang guru.

e.         Pengajian secara Berkala.
Pengajian disini yaitu pengajian yang dilakukan antar Guru pertemuan dilakukan setiap bulan dan bergantian dari guru yang satu ke guru yang lain.

f.          Peringatan Hari Besar
Peringatan hari besar ini seperti hari 17 agustus yang dilakukan oleh seluruh siswa dan seluruh dewan guru. Selain itu ada perlombaan yang memeriahkan hari 17 Agustus.

g.         Kegiatan Lomba Antarsiswa
Kegiatan lomba antar siswa ini seperti class meatting, es-school, kegiatan tersebut biasanya dilakukan setelah siswa melaksanakan ulangan   dan semesteran atau setelah peroses pembelajaran selesai.
h.         Kegiatan Lomba Antartenaga Pendidikan dan Kependidikan
Kegiatan lomba antar tenaga pendidikan kelas haruslah seperti bermain futsal, dan lain-lain.

i.           Kegiatan Ramadhan/Buka Bersama

j.           Kegiatan ramadhan dilakukan oleh seluruh siswa/guru yaitu dengan berbuka puasa, pesantren kilat dan lain-lain.

2.      Faktor Penghambat Kegiatan Non – Akademik
Yang menjadi penghambat kegiatan non-akademik di sekolah SMP negeri 1 Sukoharjo adalah Ketidaklengkapan bahan praktek olahraga, Ketidaklengkapan membuat siswa cenderung malas dalam kegiatan non-akademik dan kepasifan siswa dalam mengembangkan bakat dalam bidang non-akademik.
3.      Pemecahan Masalah Kegiatan Non - Akademik
a.       Guru memberikan pengarahan terhadap siswa-siswanya mengenai kegiatan non-akademik
b.      Guru mendukung kegiatan non-akademik untuk mengembangkan potensi siswa-siswinya.
c.       Bimbingan Konseling dan Penasihat Akademik
d.      Beasiswa
e.       kesehatan








BAB III
PENUTUP

A.    Simpulan
Setelah saya melaksanakan kegiatan Magang di SMP Negeri Sukoharjo dapat menarik kesimpulan bahwa bertatap muka langsung pada objek yang dituju akan lebih baik dan dapat pengetahuan yang lebih dan memberikan saya pengetahuan yang cukup untuk kedepannya. Saya juga bisa mengetahui situasi dan kondisi yang berkaitan dengan sekolah bersangkutan.

B.   Saran
Adapun beberapa saran yang kami berikan antara lain:
1.      Sebagai calon guru yang profesional mahasiswa magang harus    melakukan observasi dengan serius dan bertanggungjawab agar memperoleh data atau informasi sesuai dengan kenyataan di Sekolah yang dituju.

2.      Mahasiswa Magang sebaiknya ikut terlibat dalam membangun sekolah, misalnya: ikut berpartisipasi membantu guru atau karyawan dalam melakukan sebuah tugas atau pekerjaan.

 














LAMPIRAN


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar